MacBook Air atau MacBook Pro?

Apple membuat dua komputer laptop, MacBook Air dan MacBook Pro. Keduanya bekerja dengan baik , tetapi ditujukan untuk pengguna yang berbeda.

MacBook Air, yang dimulai dikisaran harga 15 juta dan hadir dalam satu ukuran (13 inci), adalah pilihan cerdas untuk penggunaan sehari-hari. MacBook Air mampu menjalankan berbagai aplikasi, baik itu browser web seperti Chrome, Firefox, atau Safari; pengolah kata seperti Google Docs, Pages, atau Word; atau spreadsheet di Excel.

Dengan bobot 1,27 kg , beratnya ringan. dapat dibandingkan dengan Microsoft Surface Laptop 3 (1,27 kg), Dell XPS 13-inci (1,22 kg), dan LG Gram 13-inci beratnya hampir 0,95 kg.

Dalam hal spesifikasi, MacBook Air dipasang minimum dengan prosesor Intel Core i3, memori 8 gigabytes, dan penyimpanan solid-state 256GB. Dan baterai dapat bertahan antara 7 dan 13 jam, tergantung pada penggunaan.

Tetapi bagaimana jika Anda membutuhkan lebih banyak tenaga kuda untuk pekerjaan?

Di situlah MacBook Pro berperan.

Model MacBook Pro hadir dalam satu ukuran 13 inci, tetapi juga tersedia dalam ukuran 16 inci bagi mereka yang lebih suka layar yang lebih besar.

Sementara MacBook Air dimulai dengan prosesor Intel Core i3 dual-core, MacBook Pro dimulai dengan quad-core Intel Core i5. Itu berarti Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu menunggu video untuk merender atau memuat situs web yang sarat iklan.

MacBook Air maupun Pro keduanya dipasang dengan 8GB memori dan 256GB penyimpanan solid-state, Pro memiliki kemampuan lebih tinggi: Pro dapat dikonfigurasikan dengan memori hingga 64GB dan penyimpanan solid-state 8 terabyte. Harganya tentu sangat mahal untuk mencapai kemampuan itu, tetapi ada banyak opsi di antaranya.

MacBook Pro juga memiliki empat port Thunderbolt 3 untuk aksesori eksternal seperti mouse dan pembaca kartu memori. Sebaliknya, Air hanya memiliki dua. (Perhatikan bahwa Air dan Pro keduanya menggunakan port tersebut untuk kabel daya, yang berarti pengguna Air hanya memiliki satu port gratis ketika laptop dicolokkan ke stopkontak.)

Layar MacBook Pro juga menawarkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi, yang berguna jika Anda menikmati bekerja di luar. Layar yang lebih terang lebih mudah dilihat di bawah sinar matahari langsung.

MacBook Pro juga dapat dikonfigurasikan dengan kartu grafis kelas atas dari AMD, yang menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk gamer yang serius (meskipun Mac masih tertinggal di belakang PC ketika harus memilih game).

Jadi, mana yang akan dipilih ?

MacBook Air dan MacBook Pro keduanya pilihan yang bagus. Sebenarnya, seberapa banyak anda ingin berinvestasi dalam spesifikasi kelas atas untuk tugas-tugas seperti mengedit foto, rendering video, dan bermain game. MacBook Air mulai sekitar 15 jt. Untuk Pro 13 inci, harganya bisa diatas 20 jt, Pro 16 inci bisa mencapat 25 jt.

Jadi jika Anda tidak berencana menggunakan laptop untuk pekerjaan kreatif, MacBook Air mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.